Countable Noun = Kata Benda yang Dapat Dihitung

Manusia dapat dibeda-bedakan. Misal, menurut kategori jenis kelaminnya. Hanya ada dua jenis: laki-laki dan perempuan.

Benda juga dapat dibedakan dari jenisnya. Menurut kategori jumlahnya, apakah benda tersebut dapat dihitung atau tidak. Dihitung itu begini ”satu, dua, tiga, dst”. Jadi, ada kategori "dapat dihitung" dan "tidak dapat dihitung".

Maksudnya bagaimana?
Begini, “Jari tangan kita ada berapa?” Kita hitung “satu, dua, tiga, empat, lima”. Kita bisa menghitungnya. Jadi, fingers (= jari kita) adalah contoh countable noun (= kata benda yang dapat dihitung).  
Sama juga: Ada berapa sepeda motor di depan rumah? Satu, dua, …, dst. Bisa kita hitung. Jadi motorcyles (= sepeda motor) adalah contoh countable noun.
Apalagi? Buku, pesawat, mobil, dsb. adalah contoh yang dapat dihitung.



Fingers = Jari-jari tangan
Fingers = Jari-jari tangan

Apa itu countable noun?
Secara kata-kata, kalau dipisahkan, terdiri dari “count” dan “able”. Count = Hitung. Able = dapat. Jadi kurang-lebih artinya adalah “dapat dihitung”. Maka, SECARA PRAKTIS, countable noun = kata benda yang dapat dihitung.

Jadi kita dapat kesimpulan bahwa noun dapat dikelompokkan berdasar benda yang dapat dihitung. Maka dapat kita simpulkan juga, berarti ada yang TIDAK dapat dihitung. Apakah itu? Unountable noun. Bagaimana maksudnya??

Nah, menyusul. 

No comments:

Post a Comment